Tuesday, December 14, 2010

Tips Diet dari Para Ahli Diet

Berikut ini 10 tips praktis yang biasa dipraktekkan oleh para ahli diet yang diungkap oleh Elaine Magee, MPH,RD dari WebMD. Siapa tahu bisa memberi inspirasi Anda untuk mulai berdiet sehat.

Tips 1 : Nikmati Fast Food Hanya di Akhir Pekan dengan Pilihan Cermat:
Ini merupakan hal yang disukai Elaine dan mungkin juga Anda karena serasa hidup normal dan tak harus selalu makan makanan sehat sepanjang minggu. Dengan makan fast food seminggu sekali bisa menjadi hiburan juga, asal dipilih dengan cermat. Misalnya burger dengan isian sayur dan BBQ ayam, pizza dengan topping sayuran atau sandwich tuna dengan brown bread.

Tips 2: Minum Diet Soda Tidak Lebih dari Sekali Sehari:
Agak sulit memang menghindari soda karena dalam menu resto fast food selalu ada soda, juga di hampir semua restoran. Namun, cobalah untuk membatasi konsumsi diet soda, cukup sekali sehari. Itupun jika terpaksa. Karena soda mengandung pemanis yang tinggi kalori. Gantilah dengan air mineral, teh hijau atau susu low fat yang juga enak diminum siang hari setelah makan siang.

Tips 3: Pizza Nite!:
Siapa bilang berdiet tak bisa ikut Pesta Pizza? Ahli diet Marcia Yamashiro, RD dari California Utara justru melakukan hal ini. Banyak pizza sehat yang bisa jadi pilihan. Misalnya pizza dengan topping sayuran, atau pizza dengan saus tomat lebih banyak (karena kandungan phytochemicals dari tomat yang bagus). Nikmati pizza dengan salad sayuran atau buah-buahan segar!

Tips 4: Jangan makan sereal dengan kandungan serat kurang dari 3 gram:
Carol Ann Brannon, MS, RD, seorang terapis gizi dan makanan di Georgia, Amerika selalu memastikan tidak ada kotak sereal yang kandungan seratnya kurang dari 3 gram per prosi di lemari makannya. “Sereal ini biasanya juga rendah kadar gulanya,”demikian tuturnya.

Tips 5 : Konsumsi Protein:
Christine Gerbstadt, MD, RD, juru bicara America Dietetic Association, selalu mengkonsumsi protein dalam makanan dan camilannya. Dia juga menganjurkan mengkonsumsi whey bubuk atau putih telur sebagai sumber protein dalam makanan dan camilan.

Tips 6: Makan Selalu Sayuran dan Buah:
Barbara Quinn, MS, RD, CDE, ahli diet klinik di Community Hospital of the Monterey Peninsula, selalu menghitung jumlah konsumsi buah dan sayuran sepanjang hari. Ia selalu memasukkan buah dan sayuran segar dalam tiap makanannya dan juga camilannya.

Tips 7: Minum Alkohol Hanya Akhir Pekan:
Kalau Anda tergolong peminum alkohol sebaiknya waspada. “Karena alkohol akan menaikkan kalori dengan cepat. Sebaiknya batasi konsumsinya hanya pada akhir pekan saja”, demikian saran Kathleen Zelman, MS, RD, direktur gizi dari WebMD.

Tips 8: Nikmati Minuman Setelah Makan Malam:
Setelah makan malam , minumlah secangkir teh atau kopi tanpa kafein untuk mencegah keinginan Anda makan kue-kue manis. Setelah 1-2 jam makan malam Anda bisa makan minuman rendah kalori yang bisa meredam keinginan makan yang manis-manis. Demikian saran Kathleen Zelman, MS, R.

Tips 9: Camilan Sebelum Makan Malam:
“Sebelum mulai memasak saya biasanya memotong sayuran dan buah untuk camilan sementara keluarga menunggu saya memasak,” tutur Bonnie Liebman, MS, direktur gizi Center for Science in the Public Interes. Dengan cara ini keluarga jadi terhindar dari keinginan ngemil makanan yang kurang sehat.

Tips 10: Pastikan 4 Warna Dalam Tiap Makanan:
Jennifer Reilly, RD, ahli gizi senior dari The Cancer Project di Washington, D.C selalu memastikan ada 4 warna dalam tiap makanan yang disiapkannya untuk keluarga. Misalnya, makan malam berupa nugget ayam sayuran (emas), ubi goreng (oranye), irisan timun (hijau) dan jus cranberry (merah). Konsumsi warna makanan yang beragam warnanya memberi pasokan nutrisi yang lebih lengkap.

No comments:

Post a Comment